Madu Pahit Pelawan Bangka Belitung



$00.00 $00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Madu Pahit Pelawan Oleh - Oleh Khas Bangka Belitung
DeskripsiInformasi seputar oleh - oleh khas dari Bangka Belitung yaitu madu pahit pelawan yang berasal dari hutan yang memiliki beragam khasiat

Selama ini kita mengenal madu dengan rasa manisnya, namun sebenarnya madu juga ada yang berjenis madu rasa pahit yaitu madu pelawan. Satu - satunya daerah penghasil madu pahit pelawan adalah Propinsi Bangka Belitung . Saat ini madu pahit bisa kita jumpai di banyak toko yang menjual oleh - oleh khas bangka belitung. Peternakan madu pahit pelawan di Bangka Belitung masih tradisional, hal ini di karenakan bunga pohon pelawan sebagai penghasil sari madu hanya berkembang setahun sekali.

Selain itu jenis lebah penghasil madu bukanlah lebah biasa yang sering kita lihat di peternakan, melainkan lebah penghasil madu adalah lebah besar yang hidup liar di hutan - hutan di Bangka Belitung. Saat ini hanya di Pulau Bangka yang menjadikan hutan kayu pelawan sebagai hutan wisata bangka belitung seperti di hutan pelawan namang bangka tengah, hutan pelawan kelapa bangka barat dan hutan pelawan belinyu kabupaten bangka.

Karena madu pahit di percaya memiliki khasiat yang lebih banyak dari madu manis, maka tak heran jika harga madu pahit pelawan cukup tinggi. Untuk madu manis biasa di jual Rp. 300.000 / liter, sedangkan rata - rata harga 1 liter madu pahit di jual dengan harga Rp. 800.000.

Karena madu pahit memiliki prospek yang cukup menjanjikan, maka berbagai upaya untuk mengembangkan madu pahit pelawan ini di lakukan, termasuk mencoba mengembangbiakkan lebah jenis lain, namun hingga saat ini masih belum ada titik terang dan yang bertahan dan berkembang hanya lebah asli hutan Bangka Belitung.

Meskipun saat ini madu pahit banyak di jual di pasaran sebagai oleh - oleh khas bangka belitung, namun ada baiknya baiknya anda teliti memilih madu pahit yang asli. Ciri2 madu pahit pelawan secara umum dalam kemasan yaitu madu pahit pelawan memiliki warna kehitaman apabila dilihat dari balik kemasan kaca, akan tetapi terlihat kuning jernih apabila ditaruh diwadah yang berwarna dasar putih. Selain itu madu pahit akan terlihat lebih encer di banding madu manis.

  • archive Content Title : Madu Pahit Pelawan Bangka Belitung
    send Request detil informasi Madu Pahit Pelawan Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line